Selamat datang di CaraGampang.Com

Pencemaran Udara dan Tanah

Wednesday 13 February 20130 komentar


Manusia selalu berusaha mencari sumber-sumber energi untuk mempermudah dalam aktivitas kehidupanya. Misalnya pada jaman dahulu masih banyak alat transportasi yang memanfaatkan energi dari hewan seperti kuda, sapi dan kerbau. Kemudian berkembang ketika memasuki era mesin yang diawali dari mesin yang ditemukan oleh James Watt yaitu mesin uap. Hingga akhirnya memasuki era mesin piston yang banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Disamping itu, banyak industri yang pada jaman dahulu menggunakan tenaga manusia ataupun hewan mulai digantikan dengan mesin. Era dimulainya mesin pada industri pertama kali adalah pada revolusi industri di Inggris tahun 1750 M. Perkembangan teknologi telah mengubah pemanfaatan energi yang awal mulanya menggunakan tenaga manusia dan hewan berubah menjadi tenaga mesin.

Keberadaan mesin memberikan manfaat bagi manusia karena memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan tenaga manusia maupun hewan. Dari segi manfaa untuk masyarakat akan memberikan dampak yang positif. Dan semakin hari ketergantungan manusia terhadap mesin semakin besar. Namun bila dilihat dari segi lingkungan akan memberikan dampak yang kurang baik karena residu atau limbah berupa padat, cair dan gas sangat membahayakan lingkungan. Pemanfaatan energi harus dilakukan secara arif dan bijaksana supaya tidak meberikan dampak yang lebih buruk terhadap alam.

Dalam makalah ini hanya akan dibahas pencemaran udara dan tanah. Namun dalam pembahasanya dikemas dari berbagai segi yaitu segi masyarakat, teknologi dan lingkungan. Pembahasanya juga akan diberikan contoh dari kasus lokal di Pabrik Gula Sragi sampai skala nasional dan global. 

Lihat selengkapnya Pencemaran Udara dan Tanah
Share this article :
 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Pagoepon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger