Selamat datang di CaraGampang.Com

Prinsip-prinsip Perancangan Media Audio dan Visual

Sunday 27 January 20130 komentar


Pembelajaran merupakan upaya penyampaian pesan dari pendidik kepada peserta didik yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan melalui sebuah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik. Oleh karena itu pembelajaran merupakan kegiatan yang perlu direncanakan dengan penuh kecermatan sehingga proses dan hasil yang diperoleh sesuai dengan hakikat dan tujuan pembelajaran.

Pembelajaran merupakan satu bentuk komunikasi yang di dalamnya terjadi penyampaian pesan dari pendidik kepada peserta didik. Pesan yang dikirim berupa informasi yang akan disampaikan dalam bentuk kode, gambar atau tulisan sehingga bisa sampai pada komunikan. Ishak (dalam Susilana, 2007: 3) menjelaskan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi efektifitas sebuah komunikasi, antara lain :
1. Kemampuan berkomunikasi dari penyampai pesan,
2. Kemampuan menerima dan menangkap pesan,
3. Sikap komunikator kepada komunikan dan sebaliknya,
4. Tingkat pengetahuan dari komunikator dan komunikan,
5. Latar belakang sosial dan ekonomi komunikator dan komunikan.

Pembelajaran merupakan sebuah bentuk komunikasi yang melibatkan saluran. Saluran dalam pembelajaran adalah berupa media pembelajaran, sehingga bisa dikatakan pentingnya peran media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Berbagai bentuk dan jenis media yang dapat digunakan dalam pembelajaran bisa berupa media audio, visual, dan audio visual.

Lihat selengkapnya Makalah Media Pembelajaran
Share this article :
 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Pagoepon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger