Selamat datang di CaraGampang.Com

Sistem pada Mesin

Sunday 27 January 20130 komentar



Perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan peran manusia mulai dikurangi dan digantikan oleh mesin. Mesin memiliki keunggulan dalam hal efektivitas dan efisiensi kerja bila dibandingkan tenaga manusia ataupun mahluk hidup yang lain. Mesin lebih tangguh dari segi kekuatan kerja atau daya kerja. Sebagai contoh, petani yang akan membajak sawah. Dahulu petani menggunakan tenaga kerbau atau sapi untuk menarik bajak namun sekarang dengan adanya mesin traktor maka banyak peran dari hewan tersebut digantikan oleh mesin traktor yang lebih kuat dan cepat hasilnya. Contoh yang lain, penggunaan mesin di pabrik-pabrik telah menggantikan tenaga manusia yang di awali pada revolusi industri di Inggris. Sehingga sekarang banyak peran manusia atau tenaga hewan yang telah digantikan oleh mesin.

Namun disisi lain, penggunaan mesin juga menyebabkan dampak yang negatif. Emisi gas buang dari mesin-mesin yang berupa senyawa karbon telah menumpuk di atmosfer dan menimbulkan efek rumah kaca. Radiasi sinar matahari yang menembus atmosfer bumi dan dipantulkan oleh permukaan bumi tidak dapat lagi menembus keluar atmosfer mengakibatkan suhu permukaan bumi meningkat dari tahun ke tahun atau lazim disebut pemanasan global (global warming). Selain itu juga dampak yang lain adalah polusi udara yang tidak baik bagi kesehatan.

Sains berada pada posisi yang paling strategis dimana teknologi merupakan produk dari sains. Namun sains juga mempelajari tentang alam dan upaya pelestarianya. Sains berkaitan dengan upaya memahami berbagai fenomena alam secara sistematis. Sains memiliki dimensi scientific attitude, scientific process, scientific product,creativity dan aplication (Kemdiknas, 2011). Oleh karena itu, pembelajaran sains ditekankan pada pembelajaran salingtemas (sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) supaya peserta didik menjadi individu-individu yang terampil, cakap, kreatif, menguasai bidang ilmunya serta memiliki sikap yang bertanggungjawab terhadap alam.

Pada makalah ini akan berbicara tentang tema sistem pada mesin dengan pendekatan salingtemas. Pada bidang kajian sains akan dibahas tentang konsep-konsep yang berhubungan dan mendasari sistem pada mesin, bidang kajian teknologi akan dibahas perkembangan jenis-jenis dasar mesin sedangkan pada bidang kajian lingkungan masyarakat akan dibahas dampak negatif penggunaan mesin yang berlebihan terhadap lingkungan dan kesehatan serta upaya penanggulanganya.

Lihat makalah selengkapnya  Sistem pd Mesin
Lihat pemetaan SK-KD SK KD Mesin
Share this article :
 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Pagoepon - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger